UNJ Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan UPT Perpustakaan Kampus A UNJ, Jakarta, Selasa, (1/10).

Rektor UNJ terpilih, Komarudin, menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila. Di Upacara ini, Komarudin membacakan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Kemudian, Sofyan Hanif, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ periode sebelumnya, membacakan Ikrar Pancasila.

“Peserta yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Maka dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan serta menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sofyan membacakan Ikrar.

Selain Komarudin dan Sofyan, hadir jajaran wakil Rektor UNJ periode sebelumnya, dosen UNJ, pagawai UNJ, dan mahasiswa.

Penulis :Hendrik Yaputra

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.