Tiyas Puspita Sari Penulis Novel Dari UNJ

Tiyas Puspita Sari ialah penulis novel berjudul Senandung di Kota Bandung. Tiyas ialah mahasiswi prodi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta.

Novel Senandung di Kota Bandung bercerita tentang siswi bernama Gisha yang gagal menamatkan SMA-nya. Kemudian, memilih untuk pindah sekolah ke Bandung. Saat di Bandung, Gisha bertemu dengan sosok Angkasa.

Menurut Tiyas, awalnya cerita tersebut dimuat dalam akun aplikasi wattpad dan telah dibaca sebanyak satu juta kali. Sadar karyanya mendapat respon positif, akhirnya Tiyas memutuskan untuk menerbitkan dalam bentuk buku Novel.

Tiyas pula menceritakan pengalaman hidupnya yang membuatnya termotivasi untuk menulis.

Sejak SMA, Tiyas aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di sekolah. Keterlibatan itu yang membawanya bergabung dalam kegiatan organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Negeri Jakarta. Ia banyak memberikan konstribusi dalam mengurus berbagai program kerja di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selain itu, Tiyas juga bergabung di komunitas Bengkel Sastra atau Bengsas. Komunitas ini yang membuat Tiyas banyak mempelajari hal-hal baru, seperti pementasan teater, penulisan dan juga musikalilasi puisi.

Tiyas pula mengakui Komunitas Bengkel Sastra ini, yang membuatnya berani mengembangkan sayapnya di dunia sastra. Ia sering ditunjuk untuk mewakili komunitasnya dalam ajang lomba atau pementasan teater.

Tiyas sendiri pernah ikut serta dalam ajang lomba festival seni UNJ dan lomba satu dekade Universitas Indonesia dalam kategori lomba monolog. Pengalaman pertamanya bermonolog, berhasil membuat Tyas memboyong juara tiga di ajang festival seni tersebut.

Penulis: Hendrik Yaputra

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.