Rektor UNJ Komarudin Sahid: Prof Tilaar Teladan Kami

 

Sebagai pedagog, Prof Tilaar produktif berkarya hingga masa tua.  

Abdullah Taruna

Berpulangnya Prof. Dr. H.A.R. Tilaar pada Rabu pagi, 30 Oktober 2019 meninggalkan duka mendalam  bagi dunia pendidikan Indonesia, terutama Keluarga Besar  Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  “Kami semua merasa kehilangan atas wafatnya beliau. Beliau teladan kami dalam hal dedikasi. Hingga masa tuanya beliau masih produktif menggagas dan  menulis,” kata Rektor UNJ, Dr. Komarudin Sahid, M.Si.

Selamat Jalan Prof Tilaar !

Perjuangan Prof Tilaar untuk memajukan pendidikan nasional, tambah Komarudin, benar-benar teruji.  Integritasnya pun diakui para akademisi baik dari dalam maupun luar Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

“Sama seperti Bu Conny (Prof. Dr. Conny R. Semiawan: Red.) dan tokoh pendidikan lain UNJ, Prof Tilaar selalu membela kepentingan pendidikan dalam pergulatan produksi kebijakan di pemerintahan. Beliau juga hingga akhir hayatnya berada di garis terdepan dalam upaya memajukan pendidikan,” kata Komarudin.

Hal yang paling berkesan, lanjut Komarudin, Prof Tilaar adalah sosok pedagog yang patuh kepada seniornya. “Beliau patuh pada seniornya (Bu Conny) saat disarankan membuang tongkat yang menjadi penyanggah jalannya saat mulai menua di usia 70an. Beliau berusaha untuk tegar berjalan dan menjalani kehidupan, hingga fisiknya benar-benar tidak berdaya. Beliaupun kembali menggunakan tongkat utk membantunya berjalan,” ungkap Komarudin Sahid.

Dr. Komarudin Sahid, M.Si., dan Prof. Dr. Sutjipto saat Reboan Pendidikan FDP IKA UNJ.

Sementara itu, Rektor IKIP Jakarta/UNJ periode 1997-2005, Prof. Dr. Sutjipto juga mengungkapkan duka mendalam atas berpulangnya  koleganya sesama Guru Besar UNJ.  “Selamat Jalan  pak Tilaar, jasamu akan dikenang sepanjang masa. Semoga jalanmu  penuh dengan kedamaian…,” tulis Prof  Sutjipto dalam pesan pendek melalui  Whatsapp, seraya mengirimkan video Prof Tilaar di rumah duka, Rabu sore.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.