Menunggu Prof Conny Bicara Pedagogik Anak Zaman Now

 

 

Prof Conny Semiawan dikenal sebagai Pakar Pedagogik untuk Anak Berbakat. Pendapatnya tentang pedagogik untuk Anak Zaman Now ditunggu banyak orang.

 

Abdullah Taruna,

Forum Diskusi Pedagogik (FDP) IKA UNJ Rabu, 26 Juni 2019 kembali akan menggelar diskusi pendidikan. Tema diskusi yang dirumuskan oleh Tim FDP adalah “Pedagogik untuk Mencerdaskan Anak Zaman Now”. FDP mengundang secara khusus Prof. Dr. Conny R. Semiawan untuk membahas topik tersebut dalam diskusi yang akan berlangsung di Jalan Brawijaya VIII, No. 32, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebagaimana para pakar, pemerhati pendidikan, dan masyarakat akademik ketahui, Prof. Conny merupakan Pakar Pendidikan Anak Berbakat & Anak dengan Keluarbiasaan Ganda. Rektor IKIP Jakarta dua periode 1984-1988 & 1988-1992 tersebut telah mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mendalami Pedagogik tentang Anak Berbakat & Anak dengan Keluarbiasaan Ganda.

Semua anak-anak tersebut, kini hidup di tengah Revolusi Industri berbasis Teknologi Informasi 4.0. Hampir – hampir tidak ada anak-anak Indonesia sekarang yang tidak menggunakan dan bersentuhan dengan tekonologi informasi. Mereka bisa mengakses informasi tentang perkembangan pengetahuan dengan cepat, bahkan bisa jadi memiliki daya jelajah informasi yang melebihi guru mereka. Sulit dipungkiri betapapun lingkungan masyarakatnya bukanlah produsen dari teknologi itu, namun keberadaan teknologi-teknologi canggih itu seolah telah  menghadirkan masa depan di hadapan mereka sekarang. Anak Zaman Now pun kemudian disebut pula sebagai Anak Era Disrupsi, dan post truth.

Selain memberikan kemanfaatan, kecanggihan teknologi yang melahirkan Era Post Truth tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan jiwa Anak Zaman Now. Begitu mudah mendapatkan pengetahuan, namun mereka dikepung oleh jutaan kebohongan yang diproduksi oleh penyalagunaan teknologi informasi. Bagaimana agar mereka tetap mampu membedakan mana berita yang benar berdasarkan fakta, dan mana yang merupakan kabar bohong, merupakan salah satu tantangan pedagogiknya. Ini alasan kenapa Forum Pedagogik IKA UNJ merumuskan topik tersebut. Termasuk mereka telah menjadi generasi yang lebih banyak berinteraksi dengan teknologi informasi dibanding bersosialisasi secara of line. Lalu bagaimana mencerdaskan anak yang tumbuh di era Revolusi Industri Berbasis Teknologi Informasi 4.0., itu ? Jawabannya tentu menunggu bagaimana Prof.Dr. Conny R. Semiawan memaparkan pedagogik yang khusus mereka.

Prof. Conny Penting Bicara Pedagogik Anak Zaman Now

Menurut Ketua Tim Ahli Pedagogik FDP IKA UNJ Jimmy Philip Paat, langkah menghadirkan Prof. Dr. Conny R. Semiawan memiliki dua tujuan. “Bagi saya pribadi, mengajak Ibu Conny, yang  seorang ahli ilmu pedagogik itu untuk menghidupkan ilmu tersebut di kampus kita (UNJ: RED.), “ ungkap Jimmy Ph. Paat via pesan watts up.

Tujuan kedua, tambah Jimmy, untuk meluruskan pembahasan isu pendidikan agar tidak mengabaikan perspektif ilmu pedagogik. “Dan kita mencoba mengingatkan kepada LPTK (Lembagai Pendidikan Tenaga Kependidikan: Red.), bahwa pembahasan tentang pendidikan yang banyak beredar sekarang di media cetak, elektronik (termasuk pembahasan Zonasi yang ramai sekarang)  menurut saya tidak dilihat dari sudut pedagogik,” tulis Jimmy.

 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.