Mahasiswa UNJ Membagikan Tumbler Gratis

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Wisnu dan teman-teman memberikan tumbler gratis kepada mahasiswa di Plaza UNJ (22/4).

Tiap 22 April, Hari Bumi diperingati masyarakat dunia. Peringatan ini dilakukan pertama kali pada 1970. Pencetus Hari Bumi ialah Gaylord Nelson – Aktivis Lingkungan – saat mengetahui kasus tumpahan minyak di Pesisir Santa Barbara, California pada 1969. Sejak saat itu, Nelson kerap menyerukan kampanye peduli lingkungan. Kampanye ini ditujukan ke tiap negara.

Kini, kampanye Nelson masih diikuti masyarakat. Seperti, gerakan menanam pohon dan mengurangi sampah plastik.

Kampanye gerakan peduli lingkungan itu juga dilakukan Wisnu dan beberapa mahasiswa BEM UNJ. Mereka memberikan tumbler secara gratis kepada mahasiswa UNJ. Pemberian itu dilakukan pukul 15.00 WIB hingga Selesai.

Wisnu, mahasiswa FMIPA UNJ, mengatakan pemberian tumbler secara gratis sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Saat itu, Wisnu dan teman-temanya melakukan analisa masalah lingkungan yang ada di UNJ. Mereka menyimpulkan masalah lingkungan di UNJ ialah sampah plastik.

“Sampah plastik cukup menjadi masalah besar. Sebab, sampah ini sulit terurai alam. Kalau sekiranya tidak dikurangi akan menumpuk terus menerus,” kata Wisnu.

Menurut Wisnu, banyaknya sampah plastik karena penggunaan botol dan sedotan plastik oleh masyarakat UNJ. Untuk mengurangi sampah plastik, Wisnu dan teman-teman menawarkan solusi dengan memberikam tumbler secara gratis. “Tujuannya agar sedikit mengurangi sampah plastik botol di UNJ,” kata Wisnu.

Tindakan Wisnu tidak berhenti hanya memberikan tumbler. Sehabis kegiatan ini, Wisnu dan teman-teman berencana memanfaatkan sampah plastik agar menjadi alat-alat guna. “Seperti buat media tanaman hidroponik atau misalnya botol plastik jadi kursi dan lain-lain atau jadi barang-barang seni juga kayaknya bisa,” kata Wisnu.

Wisnu berharap dengan pemberian tumbler, mahasiswa tidak lagi menggunakan barang sskali pakai. Selain itu, dengan adanya hari bumi, Wisnu ingin mahasiswa UNJ lebih peduli lingkungan.

“Minimalnya kalo kita engga bisa bantu orang buat bersihin lingkungan, seenggaknya kita engga berkontribusi menambah sampah yang ada,” kata Wisnu.

Gunawan, mahasiswa FBS, mengapresiasi kegiatan yang dibuat Wisnu dan teman-teman. Meskipun hanya untuk memperingati Hari Bumi, adanya kegiatan ini mampu memberikan kesadaran mahasiswa UNJ agar tak membuang benda sembarangan. “Jadi engga ada lagi yang buang puntung rokok atau benda plastik apa pun yang merusak lingkungan,” kata Gunawan.

Penulis : Hendrik Yaputra


 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.