UNJ Menjamin Mahasiswanya Mampu Bersaing Di Kancah Global

 

 

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) perlu menguasai ketrampilan abad ke-21 agar mampu menghadapi persaingan internasional di era Revolusi Industri 4.0.

 

Hendrik Yaputra,

“Pemuda Jayaraya dengan Karya Menuju Indonesia dan Asia”, menjadi tema yang diusung Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNJ 2019. Tema ini diusung, lantaran visi dan misi UNJ ingin menjadi Universitas bereputasi Asia.

Sekitar 5.100-an Mahasiswa Baru menghadiri Pembukaan PKKMB UNJ di Stadiun Atletik GOR Rawamangun Jakarta Timur, pukul 08.00 WIB (19/8). Kegiatan di mulai dengan Sambutan Plt Rektor UNJ Intan Ahmad.

Intan memberikan selamat kepada 5.156 mahasiswa baru yang diterima di UNJ. Sebab, baginya tidak mudah untuk bisa menjadi mahasiswa UNJ.

“Tidak mudah untuk masuk UNJ, seleksinya sangat ketat. Bahkan, di beberapa prodi untuk 1 kursi diperebutkam 200 orang,” kata Intan.

Setelah itu, Intan menjelaskan orientasi UNJ ke depan. Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Intan menjamin agar mahasiswa UNJ bisa bersaing di kancah global, baik secara akademik maupun non akademik.

Namun, ia menegaskan mahasiswa harus memiliki keterampilan  abad 21, yakni kreativitas, mampu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, membentuk kolaborasi, serta kemampuan komunikasi. Keempat hal itu harus dikuasai supaya mahasiswa bisa bertahan menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

Terkait, kemampuan komunikasi, Intan mengatakan mahasiswa harus mampu mengembangkan kualitas komunikasi agar mudah menjalin hubungan baik dengan siapa pun, terutama dalam bidang akademik. Salah satu cara mengasah komunikasi dengan ikut berorganisasi.

Setelah itu, Intan beserta jajaran pimpinan UNJ menekan tombol Sirine sebagai tanda pembukaan PKKMB UNJ 2019. Acara dilanjutkan dengan Paper Mob yang dilakukan 5.100an Mahasiswa Baru UNJ.

PKKMB UNJ akan berlangsung dari Senin (19/8) hingga Sabtu (5/9) mendatang. Salah satu kegiatan yang berlangsung ialah pengenalan kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa UNJ. Setelah itu, PKKMB akan ditutup dengan Kegiatan Pendidikan Bela Negara dan Peningkatan Soft skills Mahasiswa Baru UNJ.

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.