BPH IKA UNJ Membahas Penanggulangan Bencana

Juri Ardiantoro, Ph.D.

Abdullah Taruna

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Juri Ardiantoro, Ph.D., Sabtu pagi, 11 April 2020, memimpin rapat koordinasi Badan Pengurus Harian IKA UNJ. Rapat yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom untuk meeting itu membahas beberapa kegiatan IKA UNJ, khususnya terkait situasi terkini yang sdedang dihadapi bangsa Indonesia, maupun dunia, yaitu virus covid-19. Soal bencana non alam tersebut, selain merencanakan langkah-langkah IKA UNJ untuk membantu Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus, juga untuk turut menanggulangi dampak sosial ekonominya.

Adapun agenda lainnya, adalah terkait kesekretariatan Ikatan Alumni UNJ, alumni peduli, surat dan proposal bantuan yang akan dikucurkan oleh Koordinator Relawan Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 (BNPB).

Hal pertama mengenai sekretariat IKA UNJ, sekretariat akan dipindahkan dari gedung M Pascasarjana UNJ ke salah satu ruangan di gedung Universitas Terbuka (UT) yang berada di samping Gedung Fakultas Ilmu Sosial Univesitas Negeri Jakarta (FIS UNJ). Pihak kampus meminta IKA UNJ untuk membuat denah gambar terkait kebutuhan sekretariat IKA UNJ tersebut.

Hal kedua mengenai surat dan proposal pengajuan kepada BPNB untuk membantu pengadaan Alat Pelindungan Diri (APD) dan alat lain yang dibutuhkan terkait penanganan covid-19, IKA UNJ akan menyelesaikan surat dan proposal pada hari Senin, 13 April 2020 nantinya bantuan berupa APD, masker dan perlengkapan lainnya akan disitribusikan kepada rumah sakit/puskemas di sekitar Jakarta.

Hal ketiga adalah IKA UNJ Peduli, IKA UNJ Peduli adalah gerakan IKA UNJ untuk membantu mahasiswa UNJ yang masih berada di Kost – Kost lingkungan Jalan Pemuda yang terdampak pandemi ini. Model bantuannya adalah memberikan makan siang gratis kepada mahasiswa yang membutuhkan dengan cara menggandeng warteg sekitar Jalan Pemuda, pola kepedulian diantaranya dengan membagikan 100 porsi makan siang yang rencananya akan dilakukan setiap seminggu dua kali pada hari Senin dan Jum’at dengan cara menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) ke warteg yang sudah bekerjasama dengan IKA UNJ Peduli.

Pola pembiayaan IKA UNJ Peduli adalah berasal dari seumbangan dan lelang kepada alumni yang mau terlibat dalam gerakan tersebut.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.