Aksi Solidaritas Alumni UNJ untuk Banten dan Lampung

Jakarta, – Tsunami yang menerjang kawasan wisata  Anyer, Carita, Serang dan kawasan Tanjung Lesung Pandeglang Banten, serta kawasan Lampung Selatan, telah menimbulkan korban lebih dari 400 nyawa melayang.  Ratusan korban luka-luka dan ribuan warga lainnya mengungsi.

Duka ini telah mengetuk hati Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ).  Sebagai solidaritas atas  rasa duka cita kepada para korban tsunami tersebut, IKA UNJ mengadakan “Aksi Solidaritas untuk Banten dan Lampung”. Dompet donasi bisa  langsung ditujukan ke rekening IKA UNJ di Bank BNI Nomor Rekening 0694240226 dengan memberi kode “15” di akhir nominal (contoh sumbangan Rp 1.000.015,-.).

Bukti transfer kemudian bisa dikirimkan kepada Pak Marja Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA UNJ  dan Susan Istiqomah, Sekretaris IKA UNJ.  Sebelumnya, ketika gempa mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat, IKA UNJ juga telah melakukan aksi solidaritas dengan menurunkan tim yang langsung ke Lombok menyalurkan donasi dari para alumni.

Beberapa lembaga yang dikelola oleh para alumni Universitas Negeri Jakarta, juga sudah bergerak lebih dulu.  Seperti Komunitas Sedekah Harian yang langsung membuat dapur umum di lokasi Tsunami di pantai Serang dan Pandeglang, Banten.

Seperti diceritakan oleh Abdul Azis Presiden Komunitas Sedekah Harian, setelah melakukan survey ada beberapa assesment yang harus cepat dilakukan seperti membuka dapur umum.  Ini untuk membantu makanan cepat saji, makanan ringan, selimut, jaket, jas hujan, dan diapers atau pampers yang sangat dibutuhkan oleh para korban tsunami.

“Kami bertemu dengan para korban, ada Ibu Yana warga Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang, yang menceritakan mereka jauh dari posko-posko yang adanya di dekat kantor kecamatan.  Padahal rumahnya ludes dan mata pencaharian sudah tidak ada lagi,” kata Abdul Azis.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.